Jumat, 31 Mei 2013

Manfaat dari Melamun


Jika seseorang gak punya pacar, gak punya uang, gak punya pekerjaan pasti yang sering dilakukan adalah melamun. Nah ternyata melamun itu ada manfaatnya lho. Melamun ternyata baik untuk kesehatan karena akan melatih kerja memori di dalam otak. Fungsikerja memori memungkinkan otak untuk memikirkan beberapa hal sekaligus secara bersamaan. Semakin banyak kerja memori yang dimiliki seseorang, semakin sering ia melamun tanpa melupakan pekerjaan yang sedang ia lakukan.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa cukup sering orang melamun dalam kehidupan sehari-hari, ketika mereka berada di bus, saat mereka bersepeda untuk bekerja, ketika mereka sedang di kamar mandi, lamunan tersebut mungkin didukung oleh kerja memori," kata Jonathan Smallwood, peneliti dari Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Science."Otak mereka mencoba untuk mengalokasikan sumber daya untuk masalah yang paling mendesak."

Para peneliti mempelajari sekelompok orang berusia 18 – 65 tahun dari University of Wisconsin. Kelompok pertama diminta untuk melakukan tugas-tugas sederhana, seperti menekan sebuah tombol setiap kali mereka menarik napas atau mengklik layar komputer setiap gambar surat muncul. Para peneliti menemukan bahwa tugas-tugas ini begitu mudah sehingga kemungkinan besar mereka bisa melakukan tugas tersebut sambil melamun.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa, ketika dalam keadaan melakukan tugas yang tidak terlalu sulit, orang akan menempatkan sumber daya tambahan untuk berpikir tentang hal lain selain apa yang sedang mereka lakukan," kata Smallwood. Orang dengan tingkat kerja memori lebih tinggi mampu untuk tetap fokus ketika mengerjakan suatu pekerjaan. Sedangakan mereka yang memiliki tingkat kerja memori rendah sering tidak fokus.
Itulah informasi terbaru dari sanha. Apabila anda merasa tertarik dengan informasi yang saya posting hari ini. Anda bisa menyebarluaskan informasi ini dan tentunya sesuai etika yang baik. Semoga artikel Manfaat dari Melamun bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar: